Menjadi
guru yang baik saat mengajar bukan soal sifat si guru tersebut tapi soal
kemampuan mengatur irama pembelajaran. Guru yang sifatnya baik pun akan cepat
marah jika muridnya sering berlaku tidak tertib. Salah satu hal yang membuat
siswa tertib adalah kesibukan yang bermakna. Membuat siswa bisa sibuk namun
tetap bermakna memang tantangan semua guru. Ada guru yang senang memberi soal
sulit pada siswanya dengan harapan siswanya sibuk dan waktu mengajar dia tidak
dipusingkan oleh masalah perilaku.
Padahal
sebaliknya hal tadi hanya terjadi pada siswa yang perilakunya memang sudah
baik, sementara anak-anak yang lain akan cepat bosan dan justru membuat ulah
karena merasa gurunya memberi pekerjaan sulit tanpa jalan keluar. Karena
pekerjaannya sulit membuat anak -anak yang memang sudah bermasalah pada
perilaku akan timbul lagi keinginannya untuk membuat keributan dan
ujung-ujungnya guru akan merasa gagal dalam mengajar siswanya di hari itu.
Ada
beberapa cara untuk membuat jam pelajaran anda berlalu tanpa terasa baik kita
sebagai guru maupun siswa sebagai penikmat cara mengajar dan perencanaan
mengajar kita.
- Rencanakan dalam seminggu perencanaan mengajar anda
- Selalu update rencana pengajaran anda setelah dan sebelum mengajar
- Tidur yang cukup setiap hari. Hal ini penting agar suasana hati kita terjaga dan tidak mudah emosi
- Rencanakan pengajaran anda dalam team, jika tidak mungkin konsultasikan formal dan informal RPP anda pada rekan sesama guru.
- Masuk kelas lebih awal bisa 3 menit atau 5 menit lebih awal.
- Pikirkan 3 strategi atau rencana dalam mengajar, dengan demikian anak yang cepat selesai tetap punya kegiatan
- Saat mengajar sempatkan memotivasi siswa. memotivasi itu bukan memuji karena memotivasi anda perlu mendalami karakter anak yang anda ingin motivasi
- Tebarkan senyum pada seisi kelas
- Ucapkan salam dengan semangat saat akan mengajar
- Berikan soal yang menantang dan bukan sekedar sulit
- Minta siswa untuk ajarkan siswa lainnya jika ia sudah selesai
- Kurangi gaya ‘one man show’ saat
mengajar, kurangi semangat untuk menceramahi siswa. Biarkan siswa juga
berbicara di kelas, berbagi mengenai strateginya dalam mengerjakan soal yang
anda berikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar